Jual Flange ANSI Murah,CV. Dwi Jaya Steel, WA.081319823277.

Jual Flange ANSI Murah,CV. Dwi Jaya Steel, WA.081319823277.

Jual Flange ANSI Murah,CV. Dwi Jaya Steel, WA.081319823277. Flange merupakan salah satu material yang digunakan untuk menggabungkan pipa dengan valve atau equipment lain hingga menjadi satu kesatuan.

Jual Flange ANSI Murah,CV. Dwi Jaya Steel, WA.081319823277.
Jual Flange ANSI Murah,CV. Dwi Jaya Steel, WA.081319823277.
Jual Flange ANSI Murah,CV. Dwi Jaya Steel, WA.081319823277.
Jual Flange ANSI Murah,CV. Dwi Jaya Steel, WA.081319823277.

Dalam dunia industri, flange terbagi menjadi ukuran standar yang beredar, diantaranya yaitu standar ANSI dan standar JIS.  Kita akan membahas perbedaan antara ANSI (Standar Amerika) dan JIS (Standar Jepang) yang paling banyak digunakan. Dalam industri yang memerlukan sistem perpipaan dalam kebutuhannya, para Engineer pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen Flange. Flange merupakan komponen yang dapat memudahkan dalam proses maintenance dan modifikasi perpipaan ataupun mengganti pipa, yang erat hubungannya dalam proses produksi pada sektor industri. Dalam pemilihan Flange yang digunakan, terdapat beberapa hal yang selalu diperhatikan oleh perusahaan. Yaitu Standar yang digunakan, biasanya Standar yang ditentukan akan menentukan output produksi pada suatu perusahaan karena kebutuhan yang berbeda-beda.

ANSI (American National Standard Institute)

American National Standards Institute (ANSI) didirikan pada tahun 1919 yang sebenarnya merupakan Non-Profit Organization. ANSI adalah organisasi yang mengawasi pengembangan standar untuk produk, sistem, proses, layanan, dan personel di Amerika Serikat. Ruang lingkup ANSI sangatlah luas dan salah satunya adalah Standar Kesesuaian Industri. Saat ini ANSI mempromosikan standar dan kebijakan hampir untuk segala hal mulai dari Energi Nuklir hingga keamanan dalam negeri. Dalam komponen Flange yang menjadi pembahasan utama pada artikel ini, terdapat perbedaan antara tekanan pada standar ANSI dan JIS. Tekanan standar pada ANSI dimulai dari ANSI 150, ANSI 300, ANSI 400, ANSI 600, ANSI 900, ANSI 1500 dan ANSI 2500. Mengacu pada peringkat Flange. Istilah-istilah ini digunakan juga pada komponen perpipaan lain seperti pada Valve dan Fitting.

Jenis-jenis flange milik ANSI mencakup seluruh jenis flange yang ada:

1.Slip On

2.Weld Neck

3.Blind

4.Lap Joint

5.Threaded

6.Socket Weld

Industri dan Aplikasi Pada ANSI

Kekuatan dan daya tahan pada standar ANSI untuk Flange dapat diaplikasikan pada semua jenis industri domestik dan internasional. Industri dan aplikasi Standar ANSI secara umum meliputi:

Pemrosesan dan pembuatan makanan (ANSI-NSF adalah keluarga spesifikasi unik yang aman untuk makanan)

Valve, Fitting, dan pompa industri

Saluran air dan sistem perpipaan saluran di perkotaan

Sistem pemanas dan penukar panas

Sistem perpipaan dan Jasa

Jasa proteksi kebakaran

Pembangkit listrik dan industri tenaga nuklir

Produksi rakitan minyak, gas, dan kimia

JIS (Japanese Industrial Standard)

Selain standar ANSI, Flange yang banyak beredar di Indonesia juga beberapa menggunakan standar JIS (Japanese Industrial Standards). JIS merupakan serangkaian peraturan kualitas yang diakui oleh badan nasional di Jepang. Proses standarisasinya dikoordinasikan terlebih dahulu oleh komite standar industri Jepang, kemudian diterbitkan melalui asosiasi standar Jepang. Untuk macam macam class yang banyak beredar menggunakan standar JIS yaitu 5K, 10K, 16K, dan 20K. Pada umumnya material yang digunakan antara lain yaitu carbon steel, stainless steel, bronze atau brass, WCB, cast iron, dan ductile iron. Material yang digunakan juga perlu diperhatikan sesuai dengan kebutuhan. Tidak berbeda dengan Standard Flange ANSI, begitu pula dengan JIS yang menerapkan standard pada seluruh jenis Flange yang ada yaitu Slip on, Weld Neck, Blind, Lap Joint, Threaded dan Socket Weld.

Kurang lebih itulah perbedaan antara Standard Flange ANSI dan JIS. Secara umum penggunaan dari keduanya memiliki kesamaan yang tidak terlalu signifikan, kecuali pada penyebutan Class masing-masing Standard. Kalo kamu masih bingung mengenai Flange, tanyakanlah lebih detail pada para Expert di bidang ini atau kunjungi Web page kami di www.alvindocs.com. Jenis flange ANSI biasa menjadi standar yang dipakai untuk menerapkannya dalam kebutuhan industri atau sebagainya. ANSI kepanjangan dari American National Standards Institute adalah lembaga yang lebih dulu mengeluarkan standar untuk ukuran flange lewat (ANSI B16.5), namun standar tersebut kemudian di adopsi oleh ASME (American Society of Mechanical Engineering), sehingga lahirlah ASME B16.5.  Sehingga segala update standard akan di akuisisi oleh ASME. sehingga saat ini, ANSI telah di gantikan oleh ASME. Beberapa jenis flange pipa berdasarkan standar ANSI antara lain:

Flange berdasarkan dimensi atau ukuran ANSI, misalnya ANSI 150#, ANSI 300#, ANSI 600#

Flange berdasarkan Schedule (ketebalan pipa), seperti Sch 20, Sch 40, Sch 60, Sch XS.

Flange berdasarkan tipe Face, seperti Flate Face atau FF, Raise Face atau RF, dan Ring Type Joint / RTJ.

Flange berdasarkan bentuknya menurut ANSI.

Kami dapat dihubungi dengan klik di sini

Atau bisa di sini:

cvdwijayasteel@gmail.com

elapulcra@gmail.com

Kunjungi Youtube kami:

Lokasi kantor kami ada di:

CV. Dwi Jaya Steel, Mega Glodok Kemayoran, Lt. GF Blok D2 No.1, Jl. Angkasa Kav. B6, Gunung Sahari Selatan Jakarta Pusat, 081319823277 (Call – WA)

  1. Dwi Jaya Steel, Jl. Raya Legok, Gg. Masjid 1a, No. 240 RT.01 Rw.03, Kel. Jati Melati, Kec. Pondok Melati, Bekasi Kota, 081319823277 (Call – WA)